Powered by Blogger.
close
Banner iklan disini

Penyebab Sariawan Yang Tidak Kamu Ketahui dan Bisa Berakibat Fatal !!

Terkadang, sariawan muncul begitu saja di bibir atau mulut. Entah apa penyebabnya, tapi rata rata orang baru sadar setelah timbul rasa sakit.
Sariawan kelihatannya tak jarang dialami oleh sebagian besar orang. Memang bukan penyakit yang mematikan, tapi kalau mengalaminya pass membuat kegiatan terganggu. Misalnya, jadi sulit bicara, makan, dan lain sebagainya.
Penyebab Sariawan Yang Tidak Kamu Ketahui dan Bisa Berakibat Fatal !!

Sariawan yang tidak serta-merta diobati kebanyakan akan semakin membesar dan penyembuhannya serta mampu teramat lama. Akibatnya, si penderita akan merasa kesakitan yang lumayan lama dr rochelle hingga membuatnya jadi tidak enak makan, berkata, dan perihal lain yang menggunakan mulut.

Lalu, kenapa sariawan itu mampu mucul di mulut atau bibir? Untuk mengetahui jawabannya, Anda sanggup menyimak 8 penyebab sariawan yang perlu Anda ketahui berikut ini :

1. Makanan pedas
Sebanyak orang teramat suka makanan pedas. Apapun makanannya harus disertai sengan sambal agar terasa pedas. Makanan pedas benar-benar menggugah selera, tapi ketahuilah bahwa suhu tubuh akan meningkat. Suhu tubuh yang meningkat yaitu salah satu penyebab sariawan.

2. Gigitan
Penyebab lain yang paling sering dialami oleh biasanya orang yakni gigitan. Waktu sedang makan, tiba-tiba bibir atau sektor dalam mulut tergigit. Tergigit dikala makan dikarenakan Anda makan terlalu langsung. Jikalau sudah tergigit seperti itu, maka sariawan akan timbul. Alangkah baiknya, Anda makan pelan-pelan saja agar tak tergigit dan bakal menikmati makanan itu.

3. Makanan yang tetap panas
Tidak Hanya makanan pedas, makanan yang tetap panas serta bisa menyebabkan sariawan pada mulut. Bila Anda melahap segala makanan yang masih panas, maka bisa membuat mulut terbakar dan menjadi luka. Dengan begitu akan timbul rasa sakit pada mulut karena sariawan.

4. Sikat gigi
Penyebab lain sariawan merupakan sikat gigi. Sariawan bisa jadi Anda alami jikalau menyikat gigi terlalu kuat sehingga melukai sedikit organ dalam bagian mulut. Jika luka tak diobati cepat, maka mampu menimbulkan sariawan hingga membuat Anda tak enak makan dan berkata.

5. Alergi dan sesitivitas
Sariawan barangkali Anda alami karena sensitivitas jaringan mulut terhadap beberapa bahan pokok yang ada dalam pada pata gigi, obat kumur, lipstik, permen karet, bahan tambalan, serta bahan makanan lainnya.

6. Panas dalamKalau kamu tidak menjaga asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh dan sering makan sembarangan seperti makanan berminyak dan tidak diimbangi dengan sayur dan buah, akan memicu timbulnya panas dalam. Panas dalam tidak hanya membuat tenggorokan sakit saja tapi, juga menjadi salah satu penyebab munculnya sariawan. Buat kamu yang sering menyantap gorengan, makanan pedas dan makanan yang kurang sehat lainnya, lebih baik mulai perbanyak asupan sayur dan buah serta jangan lupa untuk rajin mengkonsumsi air putih untuk mencegah panas dalam yang berakhir sariawan.

7. Stress
Sariawan kamu muncul tiba � tiba? Mungkin stress menjadi penyebabnya. Meskipun tidak ada hubungan antara beban pikiran dan kesehatan mulut. Tapi, perlu kamu ketahui kalau efek stress untuk semua orang berbeda � beda. Nah, salah satu efek yang diakibatkan karena stress salah satunya adalah sariawan. Maka dari itu, saat kamu mulai mengalami stress dan beban pikiran yang menumpuk lebih baik sempatkan diri untuk berlibur sejenak.

8. Kondisi tubuh tidak sehat
Kondisi tubuh kamu sedang dalam keadaan tidak fit juga bisa menjadi salah satu indikasi penyebab sariawan lho! Untuk itu penting banget nih buat kamu selalu menjaga kondisi tubuh agar selalu dalam kondisi yang fit. Tidak perlu dengan cara yang rumit kok Toppers. Kamu hanya perlu mengikuti gaya hidup sehat mulai dari olahraga sampai mengkonsumsi makanan yang seimbang dan kaya vitamin dan gizi.

Cara Mengatasi Sariawan

1. Kumur air garam

Pastinya kamu sudah tahu dong kalau salah satu cara untuk membasmi sariawan adalah dengan berkumur menggunakan air garam. Cara tersebut memang terbukti ampuh untuk meredakan sariawan di dalam mulut. Kamu hanya perlu membuat larutan air dan garam. Kemudian gunakan larutan air garam tersebut untuk berkumur hingga beberapa saat. Karena air garam efektif untuk membasmi kuman penyebab sariawan.

2. Es batu

Cara lain yang gak kalah mudah untuk mengatasi sariawan yakni dengan menggunakan es batu. Kamu bisa menghisap es batu atau meletakkan es batu tersebut di bagian sariawan, lakukan cara ini secara rutin selama beberapa hari. Es batu tersebut mampu meredakan pembengkakan dan rasa sakit pada sariawan.

3. Yoghurt

Jika sariawan datang menyerang, konsumsi saja yoghurt. Karena yoghurt sangat baik untuk mengontrol keseimbangan bakteri dalam mulut dan tubuh. Dengan rutin mengkonsumsi yoghurt juga bisa meningkatkan penyembuhan jadi lebih cepat dan mencegah timbulnya luka pada sariawan.

4. Tomat

Vitamin C berperan penting dalam menyembuhkan sariawan dan vitamin C tidak hanya terkandung dalam buah jeruk saja. Tomat juga merupakan salah satu yang kaya akan vitamin C lho! Kamu bisa mengkonsumsi tomat di jus atau mentah sekalipun sebagai penyembuh sariawan yang kamu alami.

5. Madu
Gak bisa dipungkiri kalau madu kaya akan manfaat untuk tubuh kita. Termasuk dalam mengatasi masalah kesehatan mulut. Sariawan yang disebabkan oleh bakteri dapat dibasmi dengan mengkonsumsi madu yang memiliki kandungan propolis sebagai salah satu kandungan penting yang berfungsi sebagai zat anti bakteri tidak hanya itu, madu juga berfungsi sebagai anti radang dan anti infeksi yang bersifat sebagai penyembuh luka. Sehingga cocok buat kamu yang sedang mengalami sariawan.

Itulah 8 penyebab sariawan yang tidak kamu ketahui dan juga cara mengatasinya. Jadi, kalau tak ingin mengalami sariawan, maka jaga kesehatan mulut dengan baik dan janganlah sampai jalankan beberapa penyebab di atas. selain itu, Anda pun disarankan buat mengkonsumsi vitamin C yang terdapat pada buah dan sayur-sayuran.
Back To Top